Menyambung Silaturahim

habib1-webAlhamudulillah atas nikmat yang diberikan Allah SWT kepada kita yang hingga pada saat ini umur kita masih dipanjangkan oleh Allah SWT
Hamba-hamba Allah Yang mencintai Sang Kholik mari bersama kita selalu menyambung silaturrahmi karena itu sangat penting dan sangat dianjurkan Allah dan Rosulnya.

Allah SWT berkata : Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya ( Al Israa’ 26 )
Allah SWT memuji orang yang mengikutin perintahnya untuk saling menyambung satu sama lain

Dalam Ayatnya yang mulia Allah SWT Berkata :
Dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk. ( Ar Ra’d 21 )
Arti ayat Allah diatas yang dikatakan menghubungkan adalah silaturrahmi, jangan sampai kita melalaikan perintah yang mulia ini dari tuhan kita, banyak sekali dizaman sekarang orang-orang hanya mementingkan dirinya sendiri tidak ingat perintah Allah, tidak meperhatikan ayat Allah, sampai mereka melupakan ukhuwah islamiyah, Allah SWT sangat membenci orang–orang yang memutuskan silaturrahmi dan ancaman Allah bagi orang yang memutuskannya sangat pedih sekali dan meraka orang-orang yang dilaknat Allah SWT

Allah SWT berkata : Orang-orang yang merusak janji Allah setelah diikrarkan dengan teguh dan memutuskan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan dan mengadakan kerusakan di bumi, orang-orang itulah yang memperoleh kutukan dan bagi mereka tempat kediaman yang buruk (Jahannam). ( Ar Ra’d 25 ).

Allah SWT juga berkata : 22. Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? 23. Mereka itulah orang-orang yang dila’nati Allah dan ditulikan-Nya telinga mereka dan dibutakan-Nya penglihatan mereka. ( Muhammad 22-23 )

Dari Ayat-ayat diatas jelas bagi orang-orang yang memutuskan silaturrahmi dilaknat Allah SWT
Berkata Saiduna Ali Bin Husin Ridhiyallahuanhuma Menasehati anak-anaknya jangan sampai mereka menemanin orang-orang yang memutuskan silarurrahmi sesusngguhnya aku mendapatkan dari dalam Alquran Bahwa mereka dalam laknat Allah.

Nabi Muhammad SAW berkata : Siapa orang yang beriman kepada Allah dan Hari akhir maka sambung tali silaturrahmi, Siapa orang yang beriman kepada Allah dan Hari akhir Muliakanlah Tamu, Siapa orang yang beriman kepada Allah dan Hari akhir berkata-kata yang baik atau kalau tidak ada yang mau diucapkan lebih baik diam.

Nabi Muhammad juga berkata : Siapa orang yang ingin Allah SWT memanjangkan umurnya , dan ingin luas rizkinya , dan ingin terhindar dari mati yang tidak baik maka bertaqwalah kepada Allah dan sambunglah tali silaturrahmi.
Nabi Muhammad SAW Berkata dalam Hadist Qudsinya Allah SWT berkata : Aku adalah Allah dan Aku adalah Ar-Rohman Aku telah menciptakan Ar-Rohma dan aku masukan kalimat Arohim itu dalam namaku. Maka siapa orang yang menyambung silaturrohmi maka aku akan menyambung kepadanya, siapa orang yang memutuskannya aku akan memutuskannya pula padanya.

Nabi Muhammad SAW berkata : Tidak akan masuk Surga orang yang memutuskan silaturrahmi
Nabib Muhammad SAW pula berkata Sesungguhnya Rahmat tidak akan turun disatu kaum yang mereka saling memutuskan silaturrahmi.

Wahai kaum muslimin dan muslimat mari kita saling menyambung tali silaturrahmi, saling tolong menolong karena Allah, Mudah-mudahan kita bisa mendapatkan kasih sayang Allah dan Rosulnya.

Leave a Reply